Membuat Capcay Kaki Lima yang Nikmat

Selain itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi beberapa macam hidangan makanan keseharian terutama dibuat menjadi sop yang gurih. Dengan dilengkapi berbagai rempah-rempah yang menyehatkan, kuliner ini tentu akan menambah gairah makan Anda kembali tergugah. Baik dengan cara digoreng ataupun dengan cara dikuah, capcay sama-sama enak.

Cap cay, capcai atau cap cai merupakan salah satu menu kuliner yang bermula dari tradisi masyarakat Tionghoa. Istilah capcay sendiri mempunyai arti 10 sayur, namun tidak berarti kita mesti menggunakan sepuluh macam sayuran saat membuat capcay. Konkritnya, capcay bisa diartikan sebagai kuliner yang menggunakan berbagai macam sayuran sebagai bahan utamanya.

Cap cai yang akan kita bahas kali ini merupakan jenis cap cay sederhana. Sebetulnya, resep capcay kaki lima tidak jauh berbeda dengan cap cay jenis lainnya karena semua jenis capcay menggunakan berbagai varian sayuran, dan yang membedakan hanyalah cara pembuatannya. Sesuai namanya, cara membuat berbagai varian sayuran ini bisa dimasak memakai kuah atau bisa juga ditumis dengan air secukupnya.

Saat memasak capcay, sekali lagi tidak ada tips resep yang pasti dan tidak harus menggunakan 10 macam sayuran. Seperti umumnya, bahan-bahan pokok capcay kaki lima antara lain adalah: buncis, kembang kol, sawi hijau, cai sim, kapri, jamir kuping segar, jagung muda dan lain sebagainya. Resep capcay kaki lima tidak mengharuskan jumlah atau macam-macam sayuran, semua kembali pada selera dan ketersediaan sayurannya.

Baca juga  Manfaat Susu Kedelai Afis Untuk Kesehatan
Contents [hide]

1 Resep Capcay Kaki Lima Lezat dan Praktis
2 Bahan-bahan Pokok Resep Capcay Kaki Lima
3 Bumbu – bumbu
4 Cara Memasak Capcay Kaki Lima
Resep Capcay Kaki Lima Lezat dan Praktis
Saat membuat capcay, yang perlu kita perhatikan ialah tekstur sayuran agar tidak terlalu layu. Seandainya terlalu layu, maka nilai gizi yang ada didalamnya akan minim dan tampilan capcay juga menjadi kurang indah. Masaklah beberapa menit namun jangan sampai terlalu sebentar dan terlalu masak. Usahakan sebelum memasak, pastikan sayuran telah dicuci bersih demi menjaga kebersihannya.

Bahan-bahan Pokok Resep Capcay Kaki Lima
5 buah jagung muda.
5 bh kembang kol, tiris menjadi dua
5 buah brokoli, jadikan dua
5 btg buncis, iris serong dengan pisau
1 btg wortel, iris tipis
6 buah jamur kancing segar, kemudian belah menjadi dua
6 btr bakso sapi, lalu diiris
6 ekor udang laut kupas
10 bh kapri muda, iris mengarah serong
1 bh caisim, potong yang sedang-sedang
1 buah swai hijau, potong sedang
Bumbu – bumbu
4 butir bawang merah bagus, cincang halus
2 butir bawang putih, cincang hingga halus
1 buah bawang bombay, potong dadu
1 btg daun bawang segar, potong pendek
1 bh tomat segar, potong dadu
2 centimeter jahe segar, lalu tumbuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
2 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1 sdm tepung maizena
50 milliliter kaldu ayam cair

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-capcay-kaki-lima/
https://ramesia.com

Comments

Popular Posts